PERILAKU BELAJAR MANDIRI ANAK CEREBRAL PALSY DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA

Rezy Susanti Harahap

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku belajar mandiri anak cerebral palsy dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seorang siswi cerebral palsy di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku belajar mandiri yang ditunjukkan anak cerebral palsy di sekolah meliputi pengamatan, berpikir asosiatif, berpikir rasional, sikap, dan keterampilan. Perilaku belajar tersebut ditunjukkan dalam bentuk aktivitas-aktivitas belajar. Dari keseluruhan perilaku yang ditunjukkan dapat mencerminkan kemandirian anak cerebral palsy dalam belajar dan dalam mengikuti setiap proses pembelajaran di sekolah.
Kata kunci : cerebral palsy, perilaku belajar mandiri, aktivitas belajar.
Abstract
This study aimed to describe self- behavior learning of children with cerebral palsy in teaching and learning activities at Muhammadiyah 9 Junior High School Yogyakarta. The approach used in this study is descriptive qualitative. The subject of this study was a student with cerebral palsy in Muhammadiyah 9 Junior High School Yogyakarta. Data collection using interview and observation techniques. The instruments used are interview guides and observation guidelines. Data validity test using source triangulation. The data analysis were conducted through data reduction, data presentation, and concluding. The result showed that self-learning behaviors shown by children with cerebral palsy include observation, associative thinking, rational thinking, attitudes, and skills. Learning behavior is shown in the form of learning activities. Of the overall learning behavior shown can reflect the independence of children with cerebral palsy in learning and in following the learning process at school.
Key word : cerebral palsy, self- behavior learning, learning activities


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter