PENINGKATKANKETERAMPILAN MICROSOFT WORD MELALUI METODE DRILL PADA ANAK CEREBRAL PALSY KELAS X SMALB DI SLB GANDA DAYA ANANDA

Arif Hidayat Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Microsoft Word melalui metode latihan/Drill pada anak Cerebral Palsy kelas X SMALB di SLB Ganda Daya Ananda. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian dari Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMALB Daya Ananda. Data diperoleh berdasarkan hasil observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Peningkatan keterampilan Microsoft Word ditunjukkan dengan siswa mampu mengoperasikan program Microsoft Word yaitu membuka MS Word, membuat lembar kerja baru, Menyimpan dokumen dan membuka dokumen, Mengetik teks Mengubah font size, Mengedit teks (Copy, Paste & delete) Membuat tabel dan menambah tabel, Menyisipkan gambar.Hasil peningkatan ditunjukkan dengan siswa mampu mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 70. Pada tes pra tindakan siswa memperoleh nilai 50. Setelah dilakukannya tindakan menggunakan metode drill, meningkat 18% pada siklus I dengan nilai 68 dengan kategori cukup. Pada siklus II siswa memperoleh nilai 80 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan sebesar 30% dari nilai tes pra tindakan. Penggunaan metode latihan/drill dalam meningkatkan ketermpilan Microsoft Word.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter