MEMBATIK BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB RELA BHAKTI GAMPING I

Arum Cahyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran seni budaya dan keterampilan membatik meliputi persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SLB Rela Bhakti Gamping I dengan subjek dua siswa tunagrahita dan seorang guru pendamping pembelajaran seni budaya dan keterampilan membatik. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan instrument pengumpulan data berupa pedoman observasi, pedoman wawancara dan lembar dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persiapan pembelajaran seni budaya dan keterampilan membatik di SLB Rela Bhakti Gamping I meliputi penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan sebagai pedoman oleh guru yang di dalamnya terdapat beberapa komponen pelaksanaan pembelajaran yaitu tujuan, materi, metode, pendekatan, media dan evaluasi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa tunagrahita. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan membatik di SLB Rela Bhakti Gamping I tahap pelaksanaannya disederhanakan sesuai dengan kemampuan anak tunagrahita dan menerapkan perencanaan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran membatik mencakup beberapa tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup.Evaluasi yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran keterampilan membatik di SLB Rela Bhakti Gamping I merupakan evaluasi non tes yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter