KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DENGAN GANGGUAN EMOSI DAN PERILAKU DI SEKOLAH INKLUSI

Vendi Setyawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan mengenai keterampilan sosial
aspek kerjasama, aspek asersi, aspek tanggung jawab, aspek empati, dan aspek kontrol diri pada anak
dengan gangguan emosi dan perilaku di SD Negeri Mendut Magelang. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu anak dengan gangguan emosi dan perilaku
kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu model Interaktif Huberman & Miles. Hasil penelitian keterampilan sosial anak
dengan gangguan emosi dan perilaku di SD Negeri Mendut Magelang menunjukan bahwa: (1)
Keterampilan sosial aspek kerjasama subyek kurang baik, dibuktikan dengan adanya perilaku-perilaku
yang menentang saat pembelajaran; (2) Keterampilan sosial aspek asersi subyek menunjukkan sikap
yang percaya diri dalam berkomusikasi, lebih akrab kepada anak berkebutuhan khusus (ABK),
dibuktikan dengan respon perilaku subyek kepada orang baru dan hubungan sosial dengan ABK; (3)
Keterampilan sosial aspek tanggung jawab kurang baik, dibuktikan dengan perilaku-perilaku sikap
subyek yang tidak mengikuti peraturan pada seting pembelajaran ataupun saat diluar jam pelajaran;
(4) Keterampilan sosial aspek subyek empati kurang baik, dibuktikan dengan respon subyek yang
tidak sesuai dengan situasi yang sedang berlangsung; (5) Keterampilan sosial aspek kontrol diri
subyek kurang baik, dibuktikan dengan perilaku subyek yang cendrung emosional dalam beberapa
situasi tertentu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter