PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR AKTVITAS SEHARI-HARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II SLB YAPENAS KOTA YOGYAKARTA

Dinda Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media buku cerita bergambar pada siswa tunagrahita kategori ringan kelas II SDLB di SLB Yapenas. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian dari Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas II SLB Yapenas. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada tes pra tindakan siswa memperoleh nilai 55,55%. Setelah dilakukannya tindakan menggunakan media boneka jari, meningkat 14,14% pada siklus I dengan nilai 69,69% dengan kategori cukup. Pada siklus II siswa memperoleh nilai 84,84% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan sebesar 29,29% dari nilai tes pra tindakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita kategori ringan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter