PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKUATIK UNTUK ANAK CEREBRAL PALSY DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Firli Septiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran akuatik, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran akuatik untuk anak cerebral palsy di SLB Negeri Pembina Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian meliputi guru pendidikan jasmani adaptif, guru kelas, dan siswa cerebral palsy sebanyak 4 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dalam bentuk narasi deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran akuatik yang dilakukan di SLB Negeri Pembina meliputi : (1) pengenalan air, (2) mengambil nafas, (3) berlatih mengambang, (4) simulasi gaya kupu – kupu, (5) permainan air, diantaranya : melempar bola, berlomba mengambil batu di dasar kolam, permainan keseimbangan dengan holahop, sedangkan faktor pendukung dalam pembelajaran akuatik ini adalah motivasi siswa yang tinggi selama pembelajaran, terdapat tempat pembelajaran yang mendukung untuk aktivitas pembelajaran akuatik, dan sumber daya manusia yang menunjang pembelajaran, serta sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat pembelajaran akuatik yang ditemukan selama penelitian adalah bahwa pihak sekolah tidak memiliki kolam renang, jarak tempuh dari sekolah ke tempat pembelajaran jauh sehingga frekuensi waktu pembelajaran akuatik yang dilakukan kurang efektif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter