PENINGKATAN KEMAMPUAN MELIPAT PAKAIAN MELALUI MEDIA FLIPCHART PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG

Reni Maharani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melipat pakaian melalui media
flipchart pada anak tunagrahita kategori sedang kelas IV di SLB Negeri Pembina Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan model penelitian dari Kemmis dan
Mc Taggart. Subjek penelitian yaitu dua siswa tunagrahita kategori sedang. Metode Pengumpulan data
menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Peningkatan kemampuan melipat pakaian ditunjukkan
dengan siswa mampu menunjukkan arah pada kemeja, menunjukkan bagian-bagian pada kemeja,
mengancingkan kemeja, meletakkan kemeja di atas meja, melipat lengan kanan ke belakang kemeja,
melipat lengan kiri ke belakang kemeja, melipat bagian bawah kemeja, membalik kemeja dan
merapikan kerah kemeja secara mandiri. Pada tindakan siklus II kedua subyek mampu mencapai
kriteria keberhasilan yang ditentukan yaitu sebesar 75%, selama pra tindakan hingga siklus II,
kemampuan subyek S meningkat sebesar 15,8 % dan subyek B meningkat sebesar 19,74 %.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter