PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA KELAS II DI SD TERUNA BANGSA SLEMAN

Kirana Sentani Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode pembelajaran kontekstual pada anak berkesulitan belajar membaca kelas II di SD Teruna Bangsa Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah seorang anak berkesulitan belajar membaca. Penelitian dilakukan dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan meliputi: tes kemampuan membaca permulaan, panduan observasi aktivitas siswa, dan panduan wawancara. Data yang didapatkan dianalisis secara kualitiatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca permulaan setelah metode pembelajaran kontekstual diterapkan pada anak berkesulitan belajar membaca. Peningkatan siklus I sebesar 86,61% atau peningkatan nilai sebesar 36,69 dari kemampuan awal 41,67 menjadi 77,76. Peningkatan siklus II sebesar 128,87% atau peningkata nilai sebesar 53,70 dari kemampuan awal 41,67 menjadi 95,37. Pemberian tindakan pada siklus II mengalami peningkatan dan mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 80 sehingga pemberian tindakan dihentikan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter