EFEKTIVITAS MEDIA BALOK DIENES TERHADAP KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK ANAK SLOW LEARNER KELAS II DI SD N GEJAYAN

Nuraini Safitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media Balok Dienes terhadap kemampuan berhitung penjumlahan bagi slow learner di kelas II di SD N Gejayan Depok Sleman. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Perlakuan dilaksanakan sebanyak empat kali di ruang inklusi terhadap dua anakslow learner kelas II di SD N Gejayan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes kemampuan berhitung dan metode observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Balok Dienes efektif terhadap kemampuan berhitung penjumlahan bagi anak slow learner kelas II di SD N Gejayan. Keefektifan tersebut ditunjukkan dengan nilai tes kemampuan berhitung setelah perlakuan lebih tinggi dibandingkan dengan nilai tes sebelum perlakuan. Nilai rata-rata pre test anak A sebelum perlakuan sebesar 30% dan setelah perlakuan sebesar 70%. Nilai rata-rata pre test anak YM sebelum perlakuan sebesar 20% dan setelah perlakuan sebesar 60%. Dengan demikian, anak A dan YM sama-sama mengalami selisih sebesar 40%. Kemampuan penjumlahan anak A dan YM setelah perlakuan yakni telah mampu melakukan penjumlahan tanpa menyimpan antara puluhan-satuan, satuan-puluhan, dan puluhan-puluhan dan telah mampu melakukan penjumlahan dengan menyimpan antara puluhan-satuan dan satuan-puluhan. Anak A juga telah mampu melakukan penjumlahan dengan menyimpan antara satuan-puluhan dan puluhan-satuan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter