PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE KNOW-WANT TO KNOW-LEARN (KWL) PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR V.B DI SLB B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA

Rohmawati Sholeha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunarungu kelas dasar V.B di SLB B Karnnamanohara Yogyakarta. Penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa tunarungu, yang sudah mampu membaca tetapi belum dapat memahami isi teks bacaan. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik test kemampuan membaca pemahaman dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar membaca pemahaman ke 4 subjek yaitu dari 57,5 pada saat pra tindakan, meningkat sebanyak 41,7% menjadi 81,5 pada pasca tindakan tindakan siklusi I, dan terus mengalami peningkatan sebanyak 47,8% pada saat pasca tindakan tindakan siklus II sehingga menjadi 85. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman ditunjukan dengan kemampuan subjek untuk menyebutkan kata ganti dan lawan kata, mampu menjawab pertanyaan tentang apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana, serta mampu menceritakan kembali isi teks bacaan dengan menggunakan kalimatnya sendiri. Kesimpulan akhir adalah penggunaan metode KWL (Know-Want To Know-Learn) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas dasar V.B di SLB B Karnnamanohara Yogyakarta.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter