PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK SISWA SDLB TUNARUNGU KELAS IV

Diyah Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran Pop-Up Book pada materi perubahan wujud benda untuk siswa SDLB tunarungu kelas IV, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Pop-Up Book pada materi perubahan wujud benda untuk siswa SDLB tunarungu kelas IV.Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) denganmengacu pada model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajam, Semmel, dan Semmel. Selanjutnya model tersebut diadaptasi menjadi tiga tahap, yakni: (1) pendefinisian (Define), (2) perancangan (Design), dan (3) pengembangan (Develop). Hasil penelitian uji kelayakan media pembelajaran Pop Up Book berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,00 yang termasuk kategori “baik”, 2)Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,00 yang termasuk kategori “baik”, 3) Uji coba perorangandiperoleh rata-rata skor 3,80 yang termasuk kategori “baik”, 4) Uji coba lapangan diperoleh rata-rata skor 3,73 yang termasuk kategori “baik”. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter