EFEKTIVITAS PERMAINAN KONSTRUKTIF LASY® TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY KELAS I DI SD NEGERI POJOK SINDUADI SLEMAN

Dian Karitas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan konstruktif LASY® terhadap kemampuan motorik halus anak Cerebral Palsy kelas I di SD Negeri Pojok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan adalah A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak Cerebral Palsy dengan gangguan motorik halus kelas I di SD Negeri Pojok. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan motorik halus. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan teknik analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan mean level pada fase baseline-1, intervensi, dan baseline-2 berturut-turut 27, 47, dan 57. Berdasarkan data tersebut terjadi peningkatan +30 pada kemampuan motorik halus antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi menggunakan permainan konstruktif LASY®. Persentase data tumpang tindih (overlap) antar kondisi 0% yang berarti bahwa permainan konstruktif LASY® efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak Cerebral Palsy.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter