PENGGUNAAN PUNISHMENT DAN REWARD UNTUK MENGURANGI PERILAKU HIPERAKTIF PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS II DI SLB WIDYA MULIA PUNDONG

Rinda Puspita Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk megetahui penggunaan punishment dan reward dapat
mengurangi perilaku hiperaktif pada anak tunagrahita kelas II di SLB Widya Mulia Pundong. Jenis
penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan
penelitian kuantitatif. Desain eksperimen yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR)
dengan metode A-B-A’. Subjek penelitian merupakan seorang anak tunagrahita kategori sedang kelas
II yang memiliki perilaku hiperaktif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Data yang
diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif, kemudian ditampilkan dalam bentuk tabel dan
grafik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa punishment dan reward dapat mengurangi
perilaku hiperaktif, hal ini ditunjukkan dengan menurunnya frekuensi perilaku siperaktif seperti, suka
meninggalkan tempat duduk, tangan dan kaki tidak dapat diam, suka mengganggu teman, lari kesanakemari,
dan perhatian mudah beralih pada intervensi dan baseline-2 serta didukung tingkat overlap
yang rendah. Pada perilaku suka meninggalkan tempat duduk, kaki dan tangan tidak dapat diam, dan
suka mengganggu teman memiliki hasil analisis yang sama yaitu hasil analisi antarkondisi baseline-I
dengan intervensi presentase overlap sebesar 25 % dan menurun pada analisis antarkondisi intervensi
dengan baseline-II yaitu 0%. Pada perilaku lari kesana-kemari dan perhatian mudah beralih, hasil
analisis antarkondisi baseline-I dengan intervensi presentase overlap sebesar 0% dan tetap pada
analisis antarkondisi intervensi dengan baseline-II yaitu 0%. Secara keseluruhan penerapan
punishment dan reward dapat untuk mengurangi perilaku hiperaktif anak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter