PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN MEDIA MIND MAPPING BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS V DI SLB NEGERI 2 BANTUL

Yunita Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata
pelajaran IPA siswa tunarungu kelas V SLB Negeri 2 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK).
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SLB Negeri 2 Bantul. Subjek penelitian ini adalah
siswa tunarungu kelas V SLB Negeri 2 Bantul yaitu AR, NB dan SH. Penelitian ini dilaksanakan
dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi aktivitas guru dan
siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi
aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan
kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media mind mapping dapat
meningkatkan pemahaman pembelajaran IPA materi sumber energi bagi anak tunarungu kelas V
di SLB Negeri 2 Bantul. Peningkatan diketahui dari kegiatan pembelajaran dengan memusatkan
pemahaman siswa melalui pemetaan materi kedalam kata kunci dan gambar yang saling
berhubungan. Adanya kata kunci dan gambar yang menarik memudahkan informasi diterima dan
dipahami oleh siswa. Terbukti dengan peningkatan hasil belajar siswa pada pra tindakan sampai
siklus II yaitu dengan rata-rata nilai, pra tindakan 30, siklus I 60 dan siklus II 86,66.
Kata kunci : pemahaman belajar, siswa tunarungu, mind mapping.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter