PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF BAGI SISWA AUTIS KELAS VI DI SLB AUTIS MITRA ANANDA COLOMADU, KARANGANYAR, JAWA TENGAH

Desita Prasetyaning Galih

Abstract


Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan konstruktif bagi siswa autis kelas VI di SLB Autis Mitra Ananda Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian sebanyak 2 siswa autis.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik tes.Instrumen penelitian menggunakan pedoman dan tes lisan.Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika persentase kemampuan mengenal bentuk geometri pada siswa autis telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70 dengan kriteria baik.Hasil penelitian menunjukan pada tindakan siklus I dan siklus II kemampuan siswa autis dalam mengenal bentuk geometri meningkat dan sudah mencapai KKM yang di tentukan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter