KEMAMPUAN OPERASI HITUNG CAMPURAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN ANAK SLOW LEARNER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI POJOK SLEMAN

Vika Budi Utaminingtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan operasi hitung campuran penjumlahan
dan pengurangan pada anak slow learner dalam pembelajaran matematika kelas IV yang meliputi
kebutuhan belajar dan upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan belajarnya. Subjek diambil
secara purposive sampling. Subjek pada penelitian ini adalah siswa slow learner kelas IV. Penelitian
dilakukan di SD N Pojok menggunakan pendekatan kualitatif analisis deskriptif. Teknik pengumpulan
data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Keabsahan data diuji dengan triangulasi
sumber dan teknik. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukan bahwa 1) siswa slow learner masih mengalami kesulitan dalam operasi hitung
pengurangan dengan teknik meminjam bilangan empat angka, 2) siswa memiliki kebutuhan belajar
berupa bantuan secara kongkret atau secara visual, 3) GPK dan wali kelas telah berupaya dalam
memenuhi kebutuhan siswa slow learner dalam operasi hitung campuran penjumlahan dan pengurangan
pada pembelajaran matematika kelas IV di SD N Pojok.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter