PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR 1 DI SLB B KARNNAMANOHARA

Yuliadini Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan menggunakan media kantong bilangan pada anak tunarungu kelas dasar 1 di SLB B Karnnamanohara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi keaktifan siswa dalam pembelajaran dan aktivitas guru dalam pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi keaktifan siswa dalam pembelajaran dan aktivitas guru dalam pembelajaran. Teknis analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar operasi hitung penjumlahan dengan cara bersusun pada siswa tunarungu kelas dasar 1 di SLB B Karnnamanohara melalui penggunaan media kantong bilangan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter