PEMBELAJARAN BAHASA MELALUI METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR III

Rivi Nurul Awalin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran bahasa melalui Metode Maternal Reflektif (MMR) untuk anak tunarungu kelas dasar III di SLB B Karnnamanohara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas dasar III di SLB B Karnnamanohara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) pembelajaran bahasa bersifat fleksibel disesuaikan dengan MMR. Kegiatan pembelajaran bahasa melalui MMR di kelas dasar III terdiri dari kegiatan perdati (percakapan dari hati ke hati) dan percamsi (percakapan membaca ideovisual transisi). Evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi selama proses dan di akhir proses pembelajaran dengan tes tulis, tes lisan, dan observasi sebagai alat evaluasinya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter