PERSEPSI GURU TENTANG MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMPN TAHUN AJARAN 2014/2015 SE-KABUPATEN BANYUMAS

Dhoni Nur Ariyanto

Abstract


Guru belum kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran dan lebih suka menggunakan metode demonstrasi. Sekolah belum memiliki media gambar yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Belum diketahui persepsi guru tentang media gambar dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN se-Kabupaten Banyumas. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian terhadap persepsi guru tentang media gambar pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN se-Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang media gambar dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN se- Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri Se-Kabupaten Banyumas pada Juli-Agustus 2015. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru pendidikan jasmani yang mengajar di SMPN se-Kabupaten Banyumas, berjumlah 27 orang dari 15 SMP dan seluruhnya diambil menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dan instrumen dalam penelitian menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru memiliki persepsi tentang media gambar dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN se- Kabupaten Banyumas pada kategori cukup baik sebanyak 13 guru (48,1%). Guru memiliki persepsi tentang media gambar dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN se- Kabupaten Banyumas pada kategori baik sebanyak 9 guru (33,3%), kategori kurang baik sebanyak 3 guru (11,1%), dan kategori kurang baik sekali sebanyak 2 guru (7,4%). Kata kunci : persepsi guru, media gambar Abstract Teachers have not been creative in using learning methods and prefer to use demonstration methods. Schools do not yet have an image media that can be used in learning. The teacher's perception about the image media in physical and sport education lessons at SMPN of Banyumas Regency is not known yet. Based on the problem, the researcher is interested in doing research on teachers' perception about image media on physical education education of sport and health at SMPN in Banyumas Regency. This study aims to determine the perception of teachers about the media images in learning physical education sports and health in SMPN throughout the District of Banyumas. This research is descriptive research with quantitative approach. The study was conducted in SMP Negeri Se-Kabupaten Banyumas in July-August 2015. The population in this study were all physical education teachers who taught in SMPN in Banyumas District, amounting to 27 people from 15 junior high schools and all taken into the research sample. Data collection techniques and instruments in the study using a questionnaire. Data analysis techniques in research using quantitative descriptive data analysis techniques. The results showed that most of the teachers had perception about the picture media in physical and sport education education in SMPN in Kabupaten Banyumas in good enough category as many as 13 teachers (48.1%). Teachers have perceptions about the media of images in physical and sports education in health education at SMPN throughout Kabupaten Banyumas in either category as many as 9 teachers (33.3%), less good category as many as 3 teachers (11.1%), and less good category As many as 2 teachers (7.4%). Keywords: teacher perception, image media

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.