SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SE-KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Wahyu Ristyanto

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Kejuruan di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Teknik pengambilan datanya dengan observasi langsung di lapangan dan hasil datanya dimasukkan ke dalam lembar observasi. Populasi dari penelitian ini adalah SMK se-Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul yang berjumlah 11 sekolah. Semua sekolah dijadikan objek penelitian sehingga penelitian ini dapat dinyatakan sebagai penelitian populasi. Berdasarkan penelitian mengenai survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani sekolah menengah kejuruan se-Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul disimpulkan bahwa kategori baik 3 sekolah (27,27%), kategori sedang 4 sekolah (36,36%), kategori kurang 4 sekolah (36,36%), dan tidak ada sekolah yang masuk dalam kategori sangat kurang. Kata Kunci : sarana dan prasarana, pendidikan jasmani, SMK Abstract The background of this research is the limited facilities and infrastructures of physical education in Vocational High School in Wonosari, Gunungkidul. The aim of this research is to know the condition of the facilities and infrastructures in all of Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) (Vocational High Schools) in Wonosari, Gunungkidul. This research is a descriptive research that is using survey method. The researcher used a direct observation to gather the data. Before analysing the data, the result were inserted into observation sheets. The participants of this research were 11 vocational high schools in Wonosari. All of them became the participants in this research so that it can be concluded as a population study. Based on the result of the survey, it could be concluded that there were 3 schools with good category (27,27%), 4 schools with medium category (36,36%), and 4 schools with low category (36,36%). There was no school with very low category. Keywords : facilities and infrastructures, physical education, SMK

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.