PERSEPSI SISWA KELAS X TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Gigih Satria

Abstract


Abstrak Pembelajaran pendidikan jasmani merupakan pembelajaran pendidikan yang sebagian besar mengutamakan aktivitas fisik yang menimbulkan rasa lelah setelah melakukannya. Hal tersebut mengakibatkan siswa beranggapan bahwa mata pelajaran pendidikan jasmani hanya sekedar gerak, tidak dipahami manfaat dan tujuan pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi siswa kelas X terhadap tujuan pendidikan jasmani di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Muntilan dengan jumlah 95 siswa, dan semua siswa dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian inimenunjukan bahwa persepsi siswa kelas X terhadap tujuan pendidikan jasmani di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam kategori sangat positif 7,36%, kategori positif 21,05%, kategori cukup positif 36,84%, kategori kurang positif 30,52%, dan kategori sanagt kurang positif 4,21%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa kelas X terhadap tujuan pendidikan jasmani di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Tahun Pelajaran 2016/2017 termasuk ke dalam kategori cukup positif. Kata Kunci: persepsi, tujuan pendidikan jasmani Abstract Physical education learning is learning that mostly focuses on physical activities that cause fatigue after doing so. This makes students assume that the physical education subject emphasizes movements only so that the benefits and objectives are not understood. This study aimed to investigate Grade S students’ perception of physical education objectives at SMK Muhammadiyah 2 Muntilan in the 2016/2017 academic year. This was a quantitative descriptive study using the survey method. The research population comprised Grade X STUDENTS OF smk Muhammadiyah 2 Muntilan with a total of 95 students and of all them were include in the sample. The data analysis technique was the descriptive statistics using percentages. The result of the study showed that Grade X students’ perception of physical education objectives at SMK Muhammadiyah 2 Muntilan in the 2016/2017 academic year were very positive (7,36%), positive (27,05%), moderetaly positive (36,84%), not positive enough (30,52%), absolutely not positive (4,27%). Therefore, it could be concluded that Grade X students’ perceptions of physical education objective at SMK Muhammadiyah 2 Muntilan in the 2016/2017 academic year were moderately positive. Keywords: perceptions, physical education objectives.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.