FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN ATLETIK SISWA KELAS VII SMP N 3 SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2016/2017

Dede Tri Yulian

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam kegiatan pembelajaran atletik seperti kurangnya ketertarikan siswa dan pasifnya siswa yang menyebabkan pembelajaran atletik menjadi kurang berhasil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung keberhasilan pembelajaran atletik siswa kelas VII SMP N 3 Sentolo kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2016/2017.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode penelitian berupa survei. Pengumpulan data menggunakan angket modifikasi skala likert yang berisi pertanyaan dan lima alternatif jawaban yang dipilih oleh responden dengan cara memberi tanda chek mark (√). Subjek penelitian berjumlah 106 siswa kelas VII SMP N 3 Sentolo yang terbagi dalam 4 kelas. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan data yang telah terkumpul secara apa adanya. Hasil penelitian menunjukkan faktor internal siswa berkontribusi sebesar 46,25% dalam mendukung keberhasilan pembelajaran atletik. Hasil tersebut terdiri dari kontribusi indikator jasmani siswa sebesar 13,56% dan kontribusi indikator mental psikologis siswa sebesar 32,69%. Sedangkan faktor eksternal berkontribusi sebesar 53,75% yang terdiri dari kontribusi indikator alam fisik/lingkungan sebesar 9,73%, kontribusi indikator guru sebesar 20,47%, serta kontribusi indikator sarana dan prasarana pembelajaran sebesar 23,55%. Kata kunci: atletik, faktor-faktor pendukung, siswa, pembelajaran. Abstract This research study is motivated by problems in athletic learning activities such as the lack of interest of students and passive students who cause athletic learning to be less successful. The purpose of this study is to determine what factors that can support the success of athletic learning for Grade VII Students of SMP Negeri 3 Sentolo, Kulon Progo Academic Year 2016/2017. This research study is a descriptive research which conducted by using survey method. The data collection uses a Likert-scale modification questionnaire containing questions and five alternative answers selected by the respondents by giving check marks (√). The subjects were 106 students of grade VII SMP Negeri 3 Sentolo which was divided into 4 classes. The analysis of the data is using descriptive analysis techniques that describe the data has been collected the way they are. The result shows that the internal factors of the students contributed 46.25% in supporting the success of athletic learning. The result consists of the students' contribution in physical indicator that equals to 13,56% and the students' contribution in psychological mental indicator that equals to 32,69%. While the external factors contributed 53.75% consisting of contribution in the physical / environmental indicator of 9.73%, contribution of teacher indicator by 20.47%, and contribution of learning facilities and infrastructure indicator by 23.55%. Keywords: athletics, supporting factors, students, learning.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.