MODIFIKASI ALAT PERMAINAN WOODBALL UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Andriyana Hidayah

Abstract


Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modifikasi alat permainan woodball berupa mallet, bola dan gate untuk pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada pendapat yang disampaikan oleh Borg and Gall (1983). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa SD dan siswa SMP. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar penilaian yang diberikan kepada ahli materi dan ahli sarana dan prasarana. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif dari hasil saran dan masukan oleh ahli. Hasil dari penelitian ini adalah produk alat woodball yang berupa mallet, bola dan gate, untuk pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Hasil validasi menurut ahli materi adalah sangat baik dengan skor 82,5% dan ahli sarana prasarana adalah baik dengan skor 70,5%. Tanggapan siswa melalui uji coba kelompok kecil mendapatkan kategori sangat baik dengan skor 87,3%. Dari penelitian ini di dapatkan skor rerata dari ahli dan hasil ujicoba kelompok kecil adalah sangat baik dengan skor (80,1%). Kata kunci : modifikasi, alat woodball, pembelajaran. Abstract The purpose of this study is to produce a modified form of mallet instruments woodball games, ball and gate for learning sports physical education and health. This research method is the research and development that refers to the views expressed by the Borg and Gall (1983). Subjects tested in this study were students from elementary and junior high school students. Data collection instruments use the assessment sheet given to subject matter experts and specialist facilities and infrastructure. Data were analyzed using descriptive analysis of quantitative and qualitative description of the results of suggestions and feedback by experts. Results from this study is that the form tool products woodball mallets, balls and gate, for learning sports physical education and health. The results of the validation by subject matter experts is very good with a score of 82.5% and an expert infrastructure is excellent with a score of 70.5%. Student responses through the small group trial to get the very good category with a score of 87.3%. From this research on get the mean score from experts and the results of the small group trial was very good with a score (80.1%). Keywords: modification, woodball tool, learning.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.