MINAT SISWA KELAS VIII TERHADAP PEMBELAJARAN BOLABASKET DI SMP NEGERI 2 LENDAH KABUPATEN KULON PROGO

Ari Prasetyo

Abstract


Abstrak Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti pada saat pembelajaran bolabasket kelas VIII di SMP Negeri 2 Lendah, bahwa siswa terlihat kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa kelas VIII terhadap pembelajaran bolabasket di SMP Negeri 2 Lendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lendah. Sampel berjumlah 48 responden yang diambil dengan teknik Proportionate Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket, hasil uji coba instrumen dari 35 butir pernyataan, gugur 1 butir pernyataan dan diperoleh 34 butir pernyataan yang valid dan reliabel dengan koefesien reliabilitas 0,931. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan minat siswa kelas VIII terhadap pembelajaran bolabasket di SMP Negeri 2 Lendah sebagian besar berada pada kategori sedang dengan rincian, yaitu (1) faktor keturunan masuk kategori sedang dengan 39,58%, indikator kemampuan masuk kategori sedang dengan 31,25%, indikator perangai masuk kategori sedang dengan 50%, indikator struktur fisik masuk kategori sedang dengan 43,75%, (2) faktor lingkungan masuk kategori sedang dengan 39.58%, indikator guru masuk kategori sedang dengan 41,67%, indikator fasilitas masuk kategori sedang dengan 47,92%, indikator teman sebaya masuk kategori sedang dengan 56,25%, (3) faktor dorongan orang tua masuk kategori rendah dengan 45,83%, dan (4) faktor kebiasaan masuk kategori sedang dengan 47,92%. Kata Kunci : Minat Siswa, Pembelajaran, Bolabasket Abstract Based on the observation held by the researcher in basketball teaching process of Class VIII in SMP Negeri 2 Lendah, it is found that the students seemed less enthusiast in joining the class. This research aimed to know the grade VIII students’ interest toward the basketball teaching process in SMPN 2 Lendah. This research is a quantitative – descriptive research using survey method.The population of the research is the students of grade VIII SMPN 2 Lendah.The number of the sampel are 48 respondents taken by using Proportionate Random Sampling technique. The instruments are questionnaire. The testing result from 35 numbers of question showed that 1 number is failed, so there are still 34 numbers of question which are valid and reliable with the reliability coefficient of 0,931. The data analysis used percentage descriptive. The result showed that the grade VIII students’ interest toward basketball teaching process in SMPN 2 Lendah mostly is in medium category with the details are, (1) the descent factor is in medium category with 39,58%, indicator of skill is in medium category with 31,25%, indicator of attitude is in medium category with 50%, indicator of physical appearance is in medium category with 43,75%, (2) environment factor is in medium category with 39,58%, indicator of teacher is in medium category with 41,67%, indicator of facility is in medium category with 47,92%, indicator of friend is in medium category with 56,25%, (3) parent’s motivation factor is in low category with 45,83%, and (4) habit factor is in medium category with 47,92%. Keywords: students’ interest, teaching process, basketball

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.