UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR GULING BELAKANG PESERTA DIDIK MELALUI METODE BERMAIN PADA KELAS IV SD N REJOSARI 3 SEMIN GUNUNGKIDUL

Surya Yulianta, Saryono Saryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar psikomotor guling belakang
peserta didik melalui metode bermain kelas IV SD N Rejosari 3, Semin, Gunungkidul Tahun Ajaran
2018/2019. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua kali
siklus. Setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subjek
pada penelitian ini adalah peserta kelas IV SD N Rejosari 3, Semin, Gunungkidul Tahun Ajaran 2018/2019
yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes
hasil belajar psikomotor, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain pada
pembelajaran guling belakang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar psikomotor peserta didik
kelas IV SD N Rejosari 3. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan keaktifan peserta didik, pada
siklus I rata-rata presentase keaktifan belajar peserta didik yaitu 71,75%. Pada siklus II presentase keaktifan
belajar peserta didik yaitu 89,47%. Metode bermain juga dapat meningkatkan hasil belajar psikomotor
guling belakang peserta didik, nilai rata-rata pada siklus I yaitu 71,11 meningkat pada siklus II menjadi
87,43.

Kata Kunci: Keaktifan, hasil belajar psikomotor, guling belakang, metode bermain



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.