TINGKAT PEMAHAMAN GURU PJOK DI SMK NEGERI KABUPATEN SLEMAN TENTANG RPP BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Rhima Nirmala, Agus Sumhendartin Suryobroto

Abstract


Belum semua guru Penjasorkes khususnya ditingkat jenjang Pendidikan
SMA/MA/SMK mampu memahami dan menyusun RPP secara tepat berdasarkan
pengembangan kurikulum 2013. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat
pemahaman guru PJOK di SMK Negeri Kabupaten Sleman terhadap RPP
berdasarkan kurikulum 2013. Populasi penelitian diambil dengan teknik purposive
sampling. Sampel penelitian sejumlah 20 guru PJOK di SMK Negeri Kabupaten
Sleman. Instrumen penelitian adalah soal sebanyak 36 butir. Teknik analisis
data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru PJOK di SMK Negeri Kabupaten
Sleman tentang RPP berdasarkan kurikulum 2013, untuk kategori “sangat baik”
sebanyak 5 guru atau sebesar 25 %; kategori “baik” sebanyak 12 guru atau sebesar
60 %; kategori “sedang” sebanyak 3 guru atau sebesar 15 %; kategori “kurang”
sebanyak 0 guru atau sebesar 0 %; dan kategori “kurang sekali” sebanyak 0 guru
atau sebesar 0 %.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.