PERBANDINGAN ANTARA LATIHAN PASSING BERPASANGAN DAN PASSING KE DINDING TERHADAP AKURASI PASSING ATAS PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMA NEGERI 2 PURBALINGGA TAHUN 2018/2019

Ratiyo Dwi Atmoko, Suhadi Suhadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara latihan passing berpasangan dan
passing ke dinding terhadap akurasi passing atas peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 2
Purbalingga  tahun  pelajaran  2018/2019.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  eksperimen  dengan
desain “two groups pre-test-post-test design”. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler
bola voli di SMA Negeri 2 Purbalingga yang berjumlah 18 siswa. Instrumen tes akurasi passing
atas menggunakan tes passing atas dari AAHPER. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi
5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan latihan passing atas
berpasangan terhadap akurasi passing atas anggota ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 2
Purbalingga tahun pelajaran 2018/2019, dengan t hitung 2,000 > t tabel 2,306, dan nilai signifikansi 0,000
< 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 12,11%. (2) Ada pengaruh yang signifikan latihan passing atas
ke dinding terhadap akurasi passing atas anggota ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 2
Purbalingga tahun pelajaran 2018/2019, dengan t hitung 15,119 > t tabel 2,306, dan nilai signifikansi 0,000
< 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 18,10%. (3) Latihan passing atas ke dinding lebih baik
daripada latihan passing atas berpasangan terhadap akurasi passing atas anggota ekstrakurikuler bola
voli di SMA Negeri 2 Purbalingga tahun pelajaran 2018/2019, dengan t hitung
3,250 > t tabel = 2,120 dan sig, 0,005 < 0,05.

Kata kunci: latihan passing berpasangan, passing ke dinding, akurasi passing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.