PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES DI KALANGAN GURU PJOK SMP SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Hendri Prabowo, Soni Nopembri

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemanfaatan media pembelajaran berbasis Information
and Communication Technologies di kalangan guru PJOK SMP se-kabupaten Gunungkidul.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan metode survey.
Instrumen yang digunakan berupa angket. Subyek penelitian ini adalah guru PJOK SMP se-kabupaten
Gunungkidul, dengan jumlah keseluruhan 106 guru dari 92 sekolah. Teknik analisis yang digunakan
yaitu deskriptif dengan menuangkan frekuensi dalam bentuk persentase.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran berbasis
Information and Communication Technologies di kalangan guru PJOK SMP se-kabupaten Gunungkidul
diperoleh hasil kategori “tinggi” sebesar 80.2%,  kategori “sedang” sebesar 16% dan kategori “rendah”
sebesar 3.8%. Dari hasil di atas pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT di kalangan guru PJOK
SMP se-kabupaten Gunungkidul masuk dalam kategori tinggi, karena guru pendidikan jasmani sudah
mencapai tahap sarjana sehingga mampu memanfaatkan media berbasis ICT di dalam kelas dan di luar
kelas sesuai dengan materi pembelajaran, tujuan pembelajaran dan strategi pembelajaran.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Berbasis ICT, Guru PJOK


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.