KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PLT PRODI PJKR UNY 2018/20 BERDASARKAN PERSEPSI PEERTA DIDIK SMP N 2 PLERET BANTUL

Siti Khoirotul Fatimah, Tri Ani Hastuti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar keterampilan mengajar mahasiswa
PLT prodi PJKR UNY 2018/2019 berdasarkan persepsi peserta didik SMP N 2 Pleret Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survey.
Populasi sampel penelitian ini adalah peserta didik SMP N 2 Pleret yang pernah mengikuti
pembelajaran dengan mahasiswa PLT prodi PJKR UNY 2018/2019 yang berjumlah 218 peserta didik.
Sampel penelitian menggunakan total sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah
angket. Uji validitas per butir menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan
rumus Alpha Cronbach yang diperoleh koefisien sebesar 0,884. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase.
 Hasil dari penelitian ini menunjukkan keterampilan mengajar mahasiswa PLT prodi PJKR
UNY 2018/2019 berdasarkan persepsi peserta didik SMP N 2 Pleret Bantul sebagai berikut: 5.50%
“Sangat Baik”,  33.49% “Baik, 37.61% “Cukup Baik”, 13.76%  “Kurang Baik”, 9.63% “Sangat Tidak
Baik”.

 Kata kunci: Keterampilan Mengajar, Mahasiswa PLT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.