PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN RENANG PADA KELAS X SMA N 1 IMOGIRI TAHUN AJARAN 2017/2018

Nuryani Nuryani, Subagyo Subagyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persepsi siswa terhadap
pembelajaran renang di kelas X SMA N 1 Imogiri tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Imogiri yang berjumlah 190 siswa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling. Sampel dalam
penelitian ini adalah 126 siswa yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Validasi
data menggunakan rumus product moment dengan  r hit  > r tab (0,361) terdapat 28 soal yang
valid. Reliabilitas menggunakan cronbach alpha yaitu reliabilitas 0,948. Data dikumpulkan
dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi sebanyak 65 siswa atau (50,39%) dalam
kategori sangat positif, sebanyak 61 siswa atau (47,29%) dalam kategori positif, sebanyak 3siswa
atau (2,33%) dalam kategori kurang positif dan tidak ada siswa yang memilih atau 0,00% dalam
kategori negatif.
 
Kata kunci: persepsi siswa, pembelajaran renang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.