KONSTRUKSI PENDIDIKAN INKLUSI OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI PADA JENJANG SEKOLAH DASAR DAN SEKOLAH MENENGAH DI YOGYAKARTA

Latif Aprianto, Caly Setiawan

Abstract



 
Terbatasnya informasi ilmiah mengenai pendidikan inklusi menjadi masalah dalam
literatur pendidikan Indonesia. Hal ini terjadi karena pendidikan inklusi masih relatif baru di
dunia pendidikan Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tentang konstruksi
pendidikan inklusi oleh guru pendidikan jasmani di sekolah inklusi.
 
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan tematik. Partisipan
penelitian adalah 18 guru pendidikan jasmani yang mengajar di sekolah inklusi di Yogyakarta.
Data didapatkan dengan teknik wawancara mendalam. Hasil wawancara direkam dengan alat
perekam digital dan ditranskrip untuk keperluan analisis. Instrumen penelitian adalah peneliti itu
sendiri. Akan tetapi ketika menjadi instrumen peneliti menggunakan protokol wawancara
sebagai alat bantu. Analisis data menggunakan model tematik.
 
Hasil Penelitian menyajikan deskripsi tekstural konstruksi pendidikan inklusi oleh guru
pendidikan jasmani di sekolah inklusi. Deskripsi tekstural menggambarkan bahwa makna
pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah inklusi meliputi (1) pemahaman inklusi, (2) cara
menginklusi, dan (3) hambatan dalam pembelajaran penjas.
 
 
Kata kunci: pembelajaran, pendidikan jasmani inklusi, tematik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.