MINAT GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP PEMBELAJARAN BELADIRI DI SMP NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL

Anna Pandu Pranama, Indah Prasetyowati T.P.S.

Abstract


Proses pembelajaran berpusat pada kurikulum dan silabus. Pembelajaran beladiri adalah materi
yang ada pada kurikulum dan silabus yang harus disampaikan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui besarnya minat guru pendidikan jasmani terhadap  pembelajaran beladiri di SMP
Negeri se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan
metode survei.
          Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket yang terdiri atas 24 butir pernyataan yang
dinyatakan valid dengan r product moment adalah lebih dari  0,497. Tingkat reliabilitas instrumen
yaitu 0,929. Sampel penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani di SMP Negeri se-Kabupaten
Bantul yang telah berstatus PNS yang berjumlah 63 guru yang diperoleh dari 42 SMP Negeri seKabupaten

Bantul. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan mengunakan metode statistik
deskriptif dengan persentase.
          Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kategori tinggi minat guru pendidikan jasmani terhadap
pembelajaran beladiri  sebesar 6,45 %; (2) kategori sedang  minat guru terhadap pembelajaran beladiri
sebesar 53,23 %; dan (3) kategori rendah minat guru pendidikan jasmani terhadap pembelajaran
sebesar  40,32% kategori rendah.  


Kata Kunci: Minat Guru Pendidikan Jasmani, Pembelajaran Beladiri

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.