KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SMP SE-KABUPATEN MAGELANG

Rous Ikhsanudin, Pamuji Sukoco

Abstract



Dalam dunia pendidikan, guru bertanggung jawab mencerdaskan kehidupan anak didik dan
bertanggung jawab atas segala sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam rangka membina, dan
menanamkan karakter positif agar anak didik menjadi pribadi yang berprestasi dan berakhlak. Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar kompetensi kepribadian guru pendidikan jasmani SMP
se-Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah Guru pendidikan jasmani SMP se-Kabupaten Magelang sebanyak 192 orang.
Ukuran sampel penelitian ini sebanyak 65 orang guru pendidikan jasmani. Teknik pengumpulan data
dengan memberikan angket guru pendidikan jasmani. Instrumen yang digunakan berupa skala
kepribadian dengan 29 butir pernyataan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru pendidikan jasmani SMP se-Kabupaten Magelang
tegolong baik. Hasil tersebut ditunjukkan rata-rata kompetensi kepribadian guru pendidikan jasmani
SMP se-Kabupaten Magelang sebesar 105,55 dan masuk kategori baik.

Kata kunci: kompetensi, kepribadian, guru pendidikan jasmani.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.