TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENJASORKES TERHADAP MATERI PENCAK SILAT DI SMP NEGERI SE-KOTA PURBALINGGA

Rachman Tia Fitrianto, Nur Rohmah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman guru penjasorkes terhadap materi
pencak silat di SMP Negeri se-Kota Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kuantitatif dengan metode pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes
di SMP Negeri se-Kota Purbalingga yang berjumlah 42 guru. Pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling, dengan kriteria: (1) guru Penjasorkes yang mengajar di SMP Negeri se-Kota
Purbalingga dan (2) bersedia menjadi sampel penelitian. Berdasarkan kriteria tersebut yang
memenuhi berjumlah 30 orang guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes.
Dalam penelitian ini, tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Hasil dari uji validitas instrumen
menunjukan 31 butir soal dinyatakan valid dan 3 butir soal dinyatakan gugur. Uji reliabilitas
instrumen menggunakan rumus Alpha dari chronbach sebesar 0,980. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru penjasorkes terhadap materi pencak silat di SMP
Negeri se-Kota Purbalingga dengan kategori “sangat rendah” sebesar 3,33% (1 guru), “rendah”
sebesar 60,00% (18 guru), “tinggi” sebesar 36,67% (11 guru), dan “sangat tinggi” sebesar 0% (0
guru).
Kata kunci: pemahaman, guru penjasorkes, pencak silat



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.