TINGKAT KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PLT PRODI PJKR DI KABUPATEN KLATEN TAHUN 2017

Ricardo Putra Pamungkas, Tri Ani Hastuti

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh belum diketahuinya tingkat keterampilan dasar mengajar
mahasiswa PLT prodi PJKR di Kabupaten Klaten tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat keterampilan dasar mengajar mahasiswa PLT prodi PJKR di Kabupaten Klaten
tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah
survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket. Subjek penelitian ini adalah
semua mahasiswa PLT prodi PJKR di Kabupaten Klaten yang awalnyaberjumlah 16 orang, namun ada
yang gugur 1 orang maka menjadi 15 orang mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar
angket yang berjumlah 40 butir, peneliti menggunakan spss untuk uji validitas dan reliabilitas ,
sehingga instrumen tersebut menjadi valid dan reliabel. ada 10 faktor keterampilan dasar mengajar,
dengan kriteria skor adalah sangat baik,baik, sedang, kurang baik dan sangat kurang. Teknik analisis
yang dilakukan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitaif. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa tingkat keterampilan dasar mengajar mahasiswa PLT prodi PJKR di Kabupaten Klaten tahun
2017 sebagian besar dikatakan “baik”, berikut didapatkan hasil bahwa tingkat keterampilan mengajar
‘”sangat kurang” sebesar 6,67% (1 mahasiswa), “kurang” 26,66% (4 mahasiswa), “sedang” 26,66% (4
mahasiswa), “baik” 40,00% (6 mahasiswa), dan “sangat baik” 0% (0 mahasiswa. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa tingkat keterampilan dasar mengajar mahasiswa PLT prodi PJKR di
Kabupaten Klaten tahun 2017 sebagianbesar ke dalam kategori “baik”.
Kata Kunci : tingkat keterampilan dasar mengajar, mahasiswa PLT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.