KOMPETENSI MAHASISWA PLT PRODI PJKR DI SMP NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2017 BERDASARKAN PENILAIAN GURU PEMBIMBING

Ikhsan Pri Laksmono, Tri Ani Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kompetensi mahasiswa PLT prodi
PJKR di SMP Negeri  se-Kabupaten Sleman tahun 2017 berdasarkan penilaian Guru Pembimbing.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PJKR yang
melaksanakan PLT di Kabupaten Sleman tahun 2017 yang berjumlah 46 mahasiswa, sampel dalam
penelitian ini menggunakan insidental sampling yaitu 38 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data
menggunakan angket. Uji validitas per butir instrumen menggunakan rumus Product Moment yaitu  r
hitung ≥ 0,576 dan uji reliabilitas  menggunakan rumus Alpha Cronbach  diperoleh koefisien sebesar
0,979. Teknik analisis data mengguanakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam
bentuk persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi mahasiswa PLT Prodi PJKR di SMP Negeri
se-Kabupaten Sleman tahun 2017 berdasarkan penilaian Guru Pembimbing sebagai berikut: sebanyak
7,89% (3 orang) memiliki kompetensi sangat tidak baik, 26,32% (10 orang) memiliki kompetensi
tidak baik,  31,58% (12 orang) memiliki kompetensi cukup baik, 28,95% (11 orang) memiliki
kompetensi baik dan 5,26% (2 orang) memiliki kompetensi sangat baik. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa kompetensi mahasiswa PLT prodi PJKR di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman
tahun 2017 berdasarkan penilian guru pembimbing secara keseluruhan berada pada kategori cukup
baik.

Kata kunci : Kompetensi, Mahasiswa, PLT.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.