KINERJA GURU PJOK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SEKECAMATAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA DALAM PEMBELAJARAN PJOK

Dedy Setyo Utomo, Pamuji Sukoco

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kinerja Guru PJOK se-Kecamatan
Depok Sleman Yogyakarta dalam memberikan pembelajaran PJOK. Penelitian ini  merupakan
penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah observasi. Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar observasi. Instrumen dalam penelitian ini diadopsi dari buku “Uji Kompetensi
dan Penilaian Kinerja Guru” Mulyasa (2013: 224). Subjek dalam penelitian ini adalah Guru PJOK
SMP se-Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Guru
PJOK SMP se-Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta dalam memberikan pembelajaran PJOK berada
pada kategori “sangat kurang” sebesar 12,5% (1 Guru), “kurang” sebesar 12,5% (1 Guru), “sedang”
sebesar 37,5% (3 Guru), “baik” sebesar 37,5% (3 Guru), dan “sangat baik” sebesar 0% (0 Guru).

Kata kunci:  Kinerja Guru, Pembelajaran PJOK.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.