TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP KUALITAS JASA PELAYANAN KLUB TENIS LAPANGAN GAJAH MUNGKUR DI WONOGIRI

Trias Wahyu Dianti, Yudanto .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan (keterwujudan, keandalan, ketanggapan,
keyakinan, dan empati) anggota yang menggunakan jasa pelayanan Klub Tenis Lapangan Gajah Mungkur di
Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Subjek
penelitian ini adalah anggota Klub Tenis Lapangan Gajah Mungkur di Wonogiri. Subjek dalam penelitian ini
sebanyak 50 anggota terdiri dari 16 perempuan dan 34 laki-laki. Teknik pengambilan data menggunakan angket
dengan skala Likert. Uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase.Berdasarkan hasil analisis data,
deskripsi hasil penelitian, dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan, bahwa tingkat kepuasan anggota terhadap
kualitas jasa pelayanan Klub Tenis Lapangan Gajah Mungkur  di Wonogiri adalah kategori sangat memuaskan 15
orang (30%), memuaskan 32 orang (64%), tidak memuaskan 2 orang (4%), dan sangat tidak memuaskan 1 orang
(2%). Adapun tingkat kepuasan masing-masing faktor sebagai berikut : (1) faktor tangibels memuaskan (56%), (2)
faktor reliability memuaskan (50%), (3) faktor responsive memuaskan (62%), (4) faktor assurance sangat
memuaskan (50%), (5) faktor empathy memuaskan (54%). Dari data tersebut dapat dilihat bahwa kualitas jasa
pelayanan Klub Tenis Lapangan Gajah Mungkur di Wonogiri masuk dalam kategori sangat memuaskan.

Kata Kunci: Keterwujudan, Keandalan, Ketanggapan, Keyakinan, Empati

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.