PENGARUH PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLABASKET MELALUI PENDEKATAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN KERJA SAMA SISWA KELAS XI TSM 2 SMK MA’ARIF 1 WATES

Dita May Candrawati, Tri Ani Hastuti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan kerja sama dalam
pembelajaran permainan bolabasket melalui pendekatan TGfU pada siswa kelas XI TSM 2 SMK
Ma’arif 1 Wates.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design Type Nonequivalent Control
Group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM 2 SMK Ma’arif 1 Wates sebagai kelompok
eksperimen dan kelas XI TSM 1 sebagai kelompok kontrol masing-masing kelas memiliki karakteristik
yang hampir sama. Kelompok eksperimen diberi perlakuan pendekatan TGfU (Teaching Games for
Understanding), sedangkan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan
guru yaitu pendekatan konvensional. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi tes afektif
siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik interensial, yang didukung dengan uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran
permainan bolabasket melalui pendekatan TGfU terhadap peningkatan tanggung jawab dan kerja sama
siswa kelas XI TSM 2 SMK Ma’arif 1 Wates, hasil dari tanggung jawab menunjukkan  nilai t hitung 3,012
> t tabel (df 27;0,05) 2,052, nilai signifikansi 0,006 <  0,05, dan kenaikan persentase sebesar 10,91%,
sedangkan untuk sikap kerja sama nilai t hitung 2,645 > t tabel (df 27;0,05) 2,052, nilai signifikansi 0,013 < 0,05,
dan kenaikan persentase sebesar 6,29%. Berdasarkan hasil penghitungan uji-t (t-test), maka dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran permainan bolabasket melalui pendekatan TGfU memberikan
pengaruh terhadap sikap tanggung jawab dan kerja sama siswa kelas XI TSM 2 SMK Ma’arif 1 Wates.

Kata kunci: Pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU), sikap tanggung jawab dan kerja
sama



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.