IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR TEKNIK DASAR RENANG GAYA CRAWL MAHASISWA PJKR S1 ANGKATAN 2016

Novi Ulandari, Sugeng Purwanto

Abstract


Berdasarkan observasi pada 75 mahasiswa PJKR S1 angkatan 2016 yang mendapatkan nilai rendah (B-,
C+, C, D dan E) serta tidak lulus mata kuliah dasar gerak renang memberikan kesimpulan bahwa dalam pembelajaran
pada perkuliahan dasar gerak renang masih kurang maksimal dengan berbagai alasan, baik dari segi internal maupun
eksternal. Maka dari itu, penyebab dari kesulitan belajar teknik dasar renang gaya crawl mahasiswa PJKR S1
Angkatan 2016 perlu diteliti lebih lanjut melalui prosedur akademis berupa penelitian.
Penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Instrumen utama adalah kuisioner dengan validitas
dan reliabilitas sebesar 0,917 dan 0,956. Subjek penelitian adalah Mahasiswa PJKR S1 Angkatan 2016 sebanyak 75
orang. Teknik analisis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui kesulitan belajar teknik dasar renang gaya crawl mahasiswa PJKR
S1 Angkatan 2016 pada faktor internal sebesar (50,25%) dan pada faktor eksternal sebesar (49,75%). Indikator faktor
internal yang mempengaruhi adalah keterampilan dasar, sedangkan faktor eksternalnya adalah jam perkuliahan.

Kata kunci : Kesulitan Belajar, Renang Gaya crawl, Mahasiswa PJKR

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.