PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTOR EDUCABILITY TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS PERMAINAN BOLAVOLI PESERTA DIDIK KELAS 7 DI SMP

Amri Fajriyanto, Hari Amirullah Rachman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
(1
) perbedaan pengaruh antara gaya mengajar
resiprokal dan gaya mengajar individual terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bolavoli,
(2) perbedaan hasil belajar passing atas dalam permainan bolavoli antara yang memiliki tingkat motor
educability tinggi dan motor educability rendah,
(3) pengaruh interaksi antara gaya mengajar dan
tingkat motor educability terhadap hasil belajar passing atas dalam permainan bolavoli. Metode
penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan factorial 2 x 2. Sampel penelitian ini adalah peserta
didik kelas 7 di SMP Negeri 1 Sewon dan SMP Negeri 3 Sewon dengan jumlah 36 siswa. Instrumen
motor educability diukur menggunakan IOWA Brace Test dan hasil belajar passing atas permainan
bolavoli diukur dengan Braddy Test. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian
(ANAVA
) dua jalur, yang dilanjutkan dengan uji rentang Tukey pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa:
(1
) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar
resiprokal dan gaya mengajar individual terhadap hasil belajar passing atas permainan bolavoli,
terbukti dari nilai p = 0,003 < 0,05,
(2) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar passing atas antara
yang memiliki tingkat motor educability tinggi dan motor educability rendah, terbukti dari nilai p =
0,000 < 0,05, dan
(3) ada interaksi antara gaya mengajar dan tingkat motor educability terhadap hasil
belajar passing atas dalam permainan bolavoli, terbukti dari nilai p = 0,021 < 0,05. Kelompok peserta
yang memiliki tingkat motor educability tinggi tepat jika dilatih menggunakan gaya mengajar
resiprokal, sedangkan kelompok peserta yang memiliki tingkat motor educability rendah tepat jika
dilatih menggunakan gaya mengajar individual.
Kata Kunci: Gaya Mengajar, Motor Educability, Hasil Belajar, Passing Atas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.