PERSEPSI GURU PENJAS MENGENAI PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI SE-KAB. PONOROGO

Haqqun Mu’afiqin, Sridadi .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru mengenai evaluasi pembelajaran
penjas di SMA Negeri se-kab. Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tiga
faktor penelitian yaitu (1) Pengetahuan guru terkait pelaksanaan evaluasi pembelajaran, (2) Penilaian
dalam evaluasi pembelajaran, (3) Tahapan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini termasuk jenis
penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Instrumen penelitian berupa angket
persepsi guru penjas mengenai pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru
mata pelajaran pendidikan jasmani di SMA Negeri se-kab. Ponorogo yang berjumlah 30 guru yang
terbagi di 14 sekolahan. Berdasarkan jenisnya penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui persepsi guru penjas mengenai
pelaksanaan evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri sekab.
Ponorogo
sebagian
besar berkategori
baik
dengan
persentase
36,67
%,
berkategori
cukup
dengan

persentase
33,33
%,
berkategori
kurang
sebesar
16,67
%, berkategori
kurang
sekali sebesar
10
% dan

berkategori
baik
sekali
3,33
%.
Dari
hasil
tersebut
disimpulkan
persepsi
guru
penjas
mengenai

pelaksanaan
evaluasi
pembelajaran
pendidikan
jasmani
olahraga
dan
kesehatan di
SMA
Negeri
sekab.
Ponorogo
adalah baik.
Kata kunci: Persepsi, Guru Penjas, Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.