SURVEI MODEL EVALUASI RANAH PSIKOMOTOR PADA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI SE KOTA YOGYAKARTA

Nofrizal Beje Purwoto, Ngatman .

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Model Evaluasi
Ranah Psikomotor pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP
Negeri Se Kota Yogyakarta. Sebuah penilaian sebagai bentuk nyata proses pembelajaran, dan
diharapkan nilai yang diperoleh sebagai gambaran hasil dari usaha siswa selama mengikuti
pelajaran pendidikan jasmani
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei.  Populasi dalam
penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani SMP Negeri se Kota Yogyakarta yang
berjumlah 16 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket dengan nilai
validitas sebesar 0,842 dan reliabilitas sebesar 0,917. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif dengan rumus persentase.
Berdasarkan hasil penelitian survei model evaluasi ranah psikomotor pada pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan di SMP Negeri Se Kota Yogyakarta menyatakan berkategori sangat
baik sebesar 6,25 % kategori baik sebesar 18,75 %, berkategori cukup sebesar 37,5 %,
berkategoir kurang sebesar 31,25 % dan kategori kurang sekali 6,25 %. Dengan demikian
dapat disimpulkan survei model evaluasi ranah psikomotor pada mata pelajaran pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri Se Kota Yogyakarta cukup baik.

 
Kata kunci: model evaluasi, ranah psikomotor, pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.