ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN BERGANDA MATA PELAJARAN PENJAS KELAS XI DI SMA NEGERI I GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Yulianto -

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa guru di SMA Negeri I Grabag Kabupaten Magelang dalam membuat soal belum memperhatikan kriteria tingkat kesukaran, daya beda, dan fungsi distraktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaran, daya beda, dan fungsi distraktor soal pilihan berganda mata pelajaran Penjasorkes kelas XI di SMA Negeri I Grabag Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes ulangan kenaikan kelas mata pelajaran Penjasorkes SMP kelas VIII. Instrumen yang digunakan adalah soal ulangan akhir semester kenaikan kelas mata pelajaran Penjasorkes siswa kelas XI SMA Negeri I Grabag Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2016/2017. Analis is data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kesukaran soal pilihan berganda mata pelajaran Penjasorkes kelas XI di SMA Negeri I Grabag Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2016/2017 berada pada kategori “mudah” sebesar 37,5% (15 butir), “sedang” sebesar 47,5% (19 butir), “sukar” sebesar 15% (6 butir). (2) Daya beda soal pilihan berganda mata pelajaran Penjasorkes kelas XI di SMA Negeri I Grabag Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2016/2017 berada pada kategori “lemah” sebesar 47,5% (19 butir), “sedang” sebesar 52,5% (21 butir), “baik” sebesar 0% (0 butir), dan “sangat kuat” sebesar 0% (0 butir). (3) Fungsi distraktor soal pilihan berganda mata pelajaran Penjasorkes kelas XI di SMA Negeri I Grabag Tahun Ajaran 2016/2017 berada pada kategori “baik” sebesar 55% (88 pilihan), dan “kurang baik” sebesar 45% (72 pilihan). Kata kunci: analisis butir, tingkat kesukaran, daya beda, ulangan akhir penjasorkes Abstract This research is motivated by the fact that teachers in SMA Negeri I (State Senior High School) Grabag Magelang District in making test has not considered the level criteria of difficulty, differentiation, and distractor function. The research intends to determine the level of difficulty, differentiation, a nd distractor function on multiple choice test of Penjasorkes (Physical education, sport, and health) subject of grade XI students in SMA Negeri I Grabag Magelang District Academic Year 2016/2017. The research was descriptive quantitative with data collection technique using final test report of Penjasorkes subject in grade XI students in SMA Negeri I Grabag Magelang District Academic Year 2016/2017. The instrument used was final test report of Penjasorkes subject at the end of the semester of Grade XI students in SMA Negeri I Grabag Magelang District Academic Year 2016/2017. The data analysis was by using descriptive quantitative analysis. The results show that: (1) the level of difficulty on multiple choice test of Penjasorkes subject of grade XI students in SMA Negeri I Grabag Magelang District Academic Year 2016/2017 is in the "easy" category 37.5% (15 points), "medium" category 47.5% (19 points), "difficult" category 15% (6 points). (2) the level of differentiation on multiple choice test of Penjasorkes subject of grade XI students in SMA Negeri I Grabag Magelang District Academic Year 2016/2017 is in the "weak" category 47.5% (19 points), "medium" category 52.5% 21 points), "good" category 0% (0 point), and "very strong" category 0% (0 point). (3) The level of distractor function on multiple choice test of Penjasorkes subject of grade XI students in SMA Negeri I Grabag Magelang District Academic Year 2016/2017 is in the "good" category 55% (88 choices) and "less good" category 45% (72 choices). Keywords: point analysis, difficulty level, differentiation, Penjasorkes final test

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.