PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DI SEKOLAH DASAR NEGERI CEPIT SEWON BANTUL YOGYAKARTA

Finna Yuliska

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman karakter disiplin di SD Negeri Cepit dan bagaimana peran guru dalam penanaman karakter disiplin di SD Negeri Cepit. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peerta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter disiplin di SD Negeri Cepit  diintegrasikan melalui program pengembangan diri yang meliputi kegiatan rutin (upacara bendera, budaya pagi, sholat berjamah, dan tugas piket), kegiatan spontan( menasehati, dan menegur), keteladanan (berpakaian rapi, salaman dan mengucap salam, serta menjaga kebersihan), pengkondisian (menyediakan alat kebersihan, tempat sampah, wastafel, dan pemasangan slogan ditiap kelas). Penanaman karakter disiplin di SD Negeri Cepit adalah dengan cara membuat visi dan misi yang mengandung nilai-nilai karakter. Selain itu, Kepala Sekolah berusaha menjadikan dirinya sebagai contoh tauladan yang baik bagi warga sekolah seperti berpakaian rapi, melaksanakan tugas piket sebagai Kepala Sekolah, serta datang dan pulang sekolah tepat waktu. Peran guru dalam penanaman karakter di SD Negeri Cepit adalah dengan menjadikan dirinya sebagai contoh yang baik bagi peserta didiknya. Selain itu guru sudah menempelkan tata tertib dan jadwal piket disetiap kelas, serta pemasangan slogan-slogan yang berkaitan dengan kedisiplinan peserta didik.

Kata kunci: disiplin, karakter.

Abstract

This study aimed to determine about the cultivation of character of discipline in SD Negeri Cepit and also about the teacher's role in it.This research was a descriptive qualitative study. The subjects were school headmaster,7 teachers, and 18 students. The data collection techniques were observation, interview, and documentation. The data was analyzed using measures of data reduction, data display, and conclusion drawing. The techniques of data validity check weretriangulation of techniques and resources.The results showed that the cultivation of character of discipline in SD Negeri Cepit was integrated through self-development program that included routine activities (flag ceremony, the morning culture, jamaah prayer, and shifting duty), spontaneous activity (advising and rebuking), modelling (well-dressed, hand shaked, saying hello, and keeping clean), and conditioning (providing hygiene kits, bins, sink, and installations of slogan in each class). The cultivation of the character of discipline in SD Negeri Cepit were making the vissions and missions which were included character values. In addition, the headmaster tried to make himself as a good models for school society as well-dressed, well-done headmaster’s shifting duty, as well as coming to school on time. The role of teachers in fosteringcharacter of discipline in SD Negeri Cepit werebeing a good model for their students, fabricating the order and shift-schedule in every class, and installingthe slogans of character of discipline.

Keywords: discipline, character.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.