IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SDN CEPIT, BANTUL

Febriana Marthin Henukh

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA dikelas VA SDN Cepit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN Cepit. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara semi terstuktur, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti yang dibantu dengan panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode alur yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas dan uji dependabilitas. Uji kredibilitas dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan bahan referensi, sedangkan uji dependabilitas dilakukan oleh dosen pembimbing skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA sudah berjalan baik. Kegiatan pengamatan sudah dilaksanakan sesuai dengan pendekatan saintifik. Kegiatan menanya sudah dilaksanakan siswa sudah mengajukan pertanyaan di setiap pembelajaran. Kegiatan menalar sudah sesuai dengan tahap pelaksanaan pendekatan saintifik. Kegiatan mencoba sudah melibatkan siswa melakukan  percobaan. Siswa juga sudah dapat berkomunikasi dalam proses pembelajaran. 

Kata Kunci : pendekatan saintifik, pembelajaran IPA

Abstract

This study aims to describe the implementation of a scientific approach in sains learning in class VA SDN Cepit. This research used qualitative approach. The research subject was a teachers and students in the VA SDN Cepit. The data was collected by using participative observation, semi-structured interview and documentation. The instrument was the research assisted by the guidelines of observation, interview and documentation. The data was analyzed by flowchart method developed by Miles and Huberman including data collection, data reduction, data interpretation and verification. The data validity used credibility test and dependability test. The credibility test was conducted by resource triangulation and references source, while the dependability was conducted by thesis supervisor. The research result showed that the implementation of the scientific approach in sains had implemented well. Observing activity already carried out in accordance with the scientific approach. Proposing questions had been implemented well and correctly. Associaty activity had been appropriate with the implementation step of the scientific approach. The students had been provided opportunity to have experiment according to the scientific approach. Through the communication activity, the students could be able to communicate in the learning process. 

Keywords: scientific approach, learning of sains

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.