STUDI ANALISIS KETUNTASAN KOMPETENSI DASAR UKK SISWA KELAS STUDI ANALISIS KETUNTASAN KOMPETENSI DASAR UKK SISWA KELAS VB SD N PUJOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA

Candra Kirana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketuntasan kompetensi dasar UKK siswa kelas Vb di SD N Pujokusuman 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas Vb SD N Pujokusuman 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan trianggulasi. Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data hasil UKK siswa kelas Vb, dan metode trianggulasi digunakan untuk mengetahui apakah data berupa lembar jawaban UKK dapat digunakan untuk mengukur ketuntasan Kompetensi Dasar siswa kelas Vb. Hasil penelitian menunjukkan tingkat ketuntasan kompetensi dasar kelas Vb semester 2 SD N Pujokusuman 1 Yogyakarta tergolong kategori cukup. Hal ini dibuktikan dari 49 kompetensi dasar yang dicari ketuntasannya diperoleh 22 kompetensi dasar yang mencapai ketuntasan dengan presentase ketuntasan 45%. Sedangkan jumlah kompetensi dasar yang tidak mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 27 kompetensi dasar dengan presentase 55%.

Kata kunci: UKK, Kompetensi Dasar Mata Pelajaran

Abstract

This study aimed to investigate the achievement of UKK basic competency of the VB at SD N Pujokusuman 1 Yogyakarta. The research type was qualitative qualitative research. The research subjects were students at class VB, betch 2014/2015 as numbered 28 students. The documentation method was used to collect the data on the results of the grade promotion test (GPT) of Grade VB students and the triangulation mothod was used to find out whether the data on the GPT answer sheets could be used to measure the mastery of basic competencies of the GPT among Grade VB students. The results of the study showed that basic competency of class VB semester 2 is categorized adequate. This was proven by 49 basic competency that was look for the completeness was obtained 22 basic competencies that achieved completeness by the percentage 45%. Meanwhile, number of basic competency that did not achieve completeness criteria was 27 basic competencies with the percentage 55%. 

Keywords: GPT, Subject Basic Competensi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.