PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PARTICIPATION SKILLS SISWA PADA PELAJARAN PKN KELAS V, SDN KARANGGONDANG, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA

Camelia Camelia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan participation skills siswa melalui penerapan Problem Based Learning (PBL) pada pelajaran PKn siswa kelas V SDN Karanggondang, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 37 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi proses pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Proses Penelitian ditempuh dengan langkah-langkah berikut: (1) Menyajikan suatu masalah; (2) Mengelompokkan siswa; (3) Mencari penyelesaian dari masalah yang telah diberikan; (4) Menyajikan solusi dari masalah yang diberikan; (5) Mereview atau merefleksi proses pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan participation skills siswa. Hasil akhir yang diperoleh setelah tindakan siklus II adalah pada indikator bertanya sebesar 75.7%, bekerja sama sebesar 78.4%, berdiskusi sebesar 75.7%, dan pada indikator berbicara sebesar 75.7%.

Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Participation Skills

Abstract

This study aims to improve the students participation skills through the application of Problem Based Learning (PBL) in Civics studies for grade V SDN Karanggondang, Sewon, Bantul, Yogyakarta. This was a classroom action research (CAR) study employing the models by Kemmis and Taggart. The subjects were students of class V, which amounted to 37 students. The data collection techniques by observation of learning process. The techniques of data analysis by descriptive qualitative. The results showed that the increase in participation skills of students reached by steps, among others: (1) Present a problem; (2) Grouping students; (3) for the settlement of problems that have been given; (4) Presenting the resolution of a given problem; (5) To review or reflect the learning process has been done. The results showed that the implementation of Problem Based Learning (PBL) can increase student participation skills. The final results obtained after phase II, in asking indicator 75.7%, cooperation 78.4%, discussion 75.7% and speaking indicator 75.7%.

Keywords: Problem Based Learning (PBL), Participation Skills


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.