PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI BAKALAN BANTUL

Aser Rumbiak

Abstract


Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita menggunakan media gambar siswa kelas IV SD Negeri Bakalan Sewon Bantul.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaborasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB, yang berjumlah 23 orang. Objek penelitian ini yaitu keterampilan menulis cerita. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif  kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini keterampilan menulis cerita dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran yaitu dengan cara menempelkan gambar di depan papan tulis dan siswa mengamati tentang gambar yang sudah ditempelkan, kemudian siswa menulis cerita berdasarkan media gambar tersebut. Hasil ini dapat dilihat dari nilai rata-rata awal yaitu 64,34, setelah tindakan siklus I meningkat menjadi 68,36 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 80,80.

Kata kunci: keterampilan menulis cerita, media gambar

Abstract

This research study aimed to improve story writing skills through picture media among Grade IV students of SDN Bakalan, Sewon, Bantul. This was a collaborative action research. The research subjects were the students of grade IVB. With a total of 23 students. The research object was story writing skills. The data were collected through tests, observasions, and documentation. They were analysed by means of quantitative and qualitative descriptive techniques. The results of the study showed that story writing skills could be improve through picture media learning, namely by attaching picture on the board and asking the students to observe the attached pictures and then to write a story based on the picture media. Their story writing skills improved. The result were indicated by the students initial mean score which was 64.34. after the action in cycle I, it improved to 68.36, and in Cycle II it improved to 80.80.

Keywords: story writing skills, picture media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.