PENGEMBANGAN MULTIMEDIA IPS BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL UNTUK KELAS IV B SD NEGERI GEDONGKIWO

Hanif Rahman

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia yang layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS di SD Negeri Gedongkiwo, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (development research) dengan mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall. Langkah penelitian yang dilakukan, yaitu studi pendahuluan, perencanaan penelitian, pengembangan desain, uji coba satu-satu, revisi I, uji coba kelompok kecil, revisi II, uji coba lapangan, serta revisi akhir. Subjek uji coba dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa. Satu siswa saat uji coba satu-satu, 4 siswa saat uji coba kelompok kecil, dan 18 siswa saat uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba satu-satu terhadap multimedia mendapat skor rata-rata 4,20 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba kelompok kecil terhadap multimedia mendapat skor rata-rata 4,03 dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan terhadap multimedia mendapat skor rata-rata 4,20 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, multimedia layak digunakan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. 

Kata kunci: pengembangan multimedia, pembelajaran IPS

Abstract

This research aimed to produce multimedia that can be used as the Social Science’s learning media at Gedongkiwo Elementary School, Yogyakarta. This research was a development research that refered to Borg and Gall model. The research’s steps that conducted, that is, preliminary studies, research plan, design development, individual trial, the first revision, small group trial, the second revision, field trial, and the final revision. The research’s subject was 23 students. One student in the individual trial, 4 students in the small group trial, and 18 students in the field trial. The research’s result showed that the individual trial toward multimedia received an average score 4,20 with very good category. The result of small group trial toward multimedia received an average score 4,03 with very good category. The result of field trial toward multimedia received an average score 4,20 with very good category. Based on the result of this research, multimedia can be used in the Social Science’s learning at Elementary School.

Keywords: multimedia, Social Science’s learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.